Tips Buat Kamu Biar Tidak Lemas Saat Berpuasa

24 Maret 2024 0

Merasa lemas saat puasa memang hal yang biasa. Namun, jangan dianggap sepele, ya. Jika dibiarkan, badan yang lemas dapat menghambat aktivitas sehari-hari, bahkan bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan, lho. Yuk, cari tahu cara mencegah tubuh lemas saat puasa di artikel ini.

Cegah Tubuh Lemas Saat Puasa dengan Cara Ini

Sebenarnya, selama dilakukan dengan cara yang tepat, puasa justru dapat mengurangi rasa lelah. Bahkan, menjalani puasa sehat juga dapat meningkatkan kualitas tidur dan menjaga mood tetap baik.

Nah, supaya kamu tidak merasa lemas saat berpuasa dan bisa beraktivitas seperti biasanya, lakukanlah cara-cara berikut ini:

1. Perhatikan pola makan

Pastikan setiap makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa mengandung nutrisi seimbang, termasuk karbohidrat kompleks, protein, vitamin, mineral, dan lemak sehat. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang akan menjaga dan memperkuat imunitas tubuh serta mengatasi lelah saat puasa.

2. Susun pola tidur

Pola tidur yang baik menjadi salah satu kunci utama agar tidak lemas saat puasa. Oleh karena itu, hindari begadang dan tidurlah tidak kurang dari 4 jam setiap malamnya. Supaya tidur lebih nyenyak, buatlah suasana tidur menjadi lebih nyaman, seperti meredupkan lampu dan atur suhu kamar tetap sejuk.

3. Cukupi kebutuhan cairan tubuh
Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama puasa, kamu bisa mencukupi kebutuhan cairan dengan menggunakan rumus 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas di waktu sahur.

Hindari konsumsi kopi, teh, atau soda yang diketahui memiliki efek diuretik, yang justru bisa meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi. Sebagai gantinya, kamu bisa minum jus buah tanpa gula sebagai alternatif minuman sehat dan rendah kalori.

4. Lakukan olahraga secara rutin
Saat puasa, kamu bisa pilih jenis olahraga yang intensitasnya rendah, seperti jalan kaki, bersepeda santai, atau yoga. Lakukan dengan rutin selama 30 menit sehari, 3–5 kali seminggu

Semangat berpuasa ya.. 🙂


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tentang Klinik dr. Sander B

Klinik dr. Sander B telah memiliki akreditasi ISO 9001 & ISO 45001 dari United Registrar Of Systems (URS).

 

Rekan Kami

Copyright © PT. DAYA ADICIPTA MEDIKA 2019. All rights reserved.

× Whatsapp kami sekarang!