Halaman

Berita & Acara

29/Jan/2022

Memiliki tubuh yang sehat sempurna pasti impian semua orang, setuju ya? Kesehatan sangat mahal harganya karena itu mencegah lebih baik daripada mengobati. Melakukan Medical Check Up merupakan salah satu upaya yang dapat kita lakukan untuk mengontrol kesehatan tubuh, sekaligus mendeteksi suatu penyakit sejak dini.

Medical check-up diperlukan oleh perempuan dan laki-laki, baik anak muda maupun orang lanjut usia. Orang yang terlihat sehat pun perlu melakukan Medical Check Up, terutama untuk memeriksa tingkat kesehatan serta kemungkinan adanya penyakit serius yang belum menunjukkan gejala.

Berikut ini ada beberapa alasan mengapa Medical Check Up itu penting :

  1. Mendeteksi penyakit sejak dini
  2. Mencegah penyakit berlanjut ke tahap yang lebih serius
  3. Memiliki data kesehatan secara berkala
  4. Memotivasi diri sendiri, keluarga, dan orang lain untuk tetap hidup sehat
  5. Membuat lebih tenang karena setidaknya sudah mengetahui kondisi kesehatan

Nah mumpung masih awal tahun, mari ambil keputusan untuk segera melakukan Medical Check Up di fasilitas kesehatan terpercaya. Klinik dr. Sander B bisa menjadi opsi yang baik untuk Anda melakukan Medical Check Up karena tersedia  fasilitas dan pelayanan terbaik dan sekarang ini lagi ada promo loh terkait Medical Check Up. Tunggu apa lagi yookk, kita Medical Check Up di Klinik dr. Sander B.

Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi kami di : sini


29/Jan/2022

mamapapa.id

Menu gizi seimbang yang diperlukan ibu menyusui sebenarnya cukup mudah dibuat. Sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, brokoli, daun katuk, daun papaya mengandung banyak gizi yang diperlukan anak. Begitu juga untuk buah-buahan berwarna, seperti wortel, tomat, jeruk, pisang, maupun pepaya juga sangat baik untuk ibu menyusui. (masandy.com)

Sedangkan untuk memenuhi tambahan energi, konsumsi yang cukup baik dan murah adalah dari unsur hewani maupun nabati, seperti telur ayam, tempe dan tahu, kacang-kacangan, daging ayam, dan susu. Konsumsi susu sapi murni sangat dianjurkan bagi ibu menyusui dengan menghindari susu formula yang justru kurang baik karena banyak mengandung bahan pengawet dan bahan tambahan dari zat-zat kimia. (masandy.com)

Sayur sayuran yang mempunyai nilai kandungan Gizi yang baik serta memiliki kandungan kalsium, dan zat besi adalah sayuran yang mempunyai warna hijau. Daun katuk  sangat terkenal di masyarakat karena kandungan kalsium dan zat besinya yang tinggi.

Sumber kalsium dari komponen susu dapat dijadikan sebagai alternative, tetapi pilihkan susu non fat

Zat besi didapatkan pada daging merah,misalnya : daging sapi, daging kambing, hati

Pola makan balita harus diperhatikan kandungan nutrisinya, agar balita Anda tetap sehat. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kandungan nutrisi pada balita terdapat pada berbagai makanan. Anda dapat membuat menu makanan yang bervariasi bagi balita Anda. Selain gizi pada ibu menyusui, gizi pada bayi juga harus diperhatikan. Semoga bermanfaat. (masandy.com)


29/Jan/2022

Vaksin

Vaksin influenza adalah salah satu jenis vaksin perlindungan terbaik untuk musim hujan ataupun perjalanan jauh. Meskipun terkadang orang menganggap remeh penyakit ini namun kenyataannya influenza bisa menimbulkan berbagai masalah untuk kesehatan dan kegiatan Anda.

Beberapa masalah yang dapat ditimbulkan oleh flu seperti susahnya bernafas, hidung tersumbat bahkan bisa menyebabkan panas. Virus flu sendiri juga menyebar dengan cara penularan langsung maupun tidak langsung. Tentu ini bisa berbahaya bagi Anda maupun orang sekitar.

Anaka balita sangat rentan terhadap serngan flu. Tentu akan sangat kasihan sekali melihat balita harus terkena flu. Oleh karena itu, vaksinasi influenza diperlukan bagi Anda untuk mencegah flu menyebar.

Apa Saja Manfaat Vaksinasi Influenza?

Vaksin flu memiliki berbagai manfaat salah satunya adalah untuk pencegahan dini bagi orang tua ataupun buat Anda yang akan melakukan perjalanan jauh. Maka tidak heran kalau kamu pergi jauh sangat disarankan untuk menggunakan vaksinasi flu ini biar wisatamu tidak terganggu. Namun pada dasarnya, vaksin flu disarankan untuk orang yang berumur 6 bulan keatas bahkan wanita hamil dan kondisi kesehatan kronis juga boleh mendapatkannya.

Dosis dan Jadwal Pemberian Vaksin Influenza

Sesuai dengan jadwal imunisasi yang dikeluarkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), vaksin influenza merupakan salah satu vaksin yang wajib diberikan kepada anak.Dosis untuk anak usia kurang dari 2 tahun adalah 0,25 ml. Sementara, anak usia >2 tahun dan orang dewasa adalah 0,5 ml.

Untuk anak yang pertama kali mendapat vaksin influenza pada usia 6 bulan sampai 8 tahun, vaksin diberikan 2 dosis dengan interval minimal 4 minggu, kemudian vaksinasi diulang setiap tahun.Untuk anak usia di atas 9 tahun dan orang dewasa, vaksin influenza cukup diberikan 1 kali tiap tahun.Pada anak atau orang dewasa yang memiliki gangguan sistem imun, vaksin influenza diberikan 2 dosis dengan jarak interval minimal 4 minggu, agar antibodi terbentuk dengan baik.

Referensi : alodokter


29/Jan/2022

Penyakit asam urat atau dalam istilah kedokterannya disebut dengan Gout Arthritis, merupakan serangan radang akut pada sendi yang dipicu oleh adanya kristalisasi urat di sendi-sendi. Penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat di dalam darah ini biasanya lebih sering diderita oleh pria daripada wanita dengan perbandingan 6 : 1 dan biasanya terjadi pada mereka yang berusia 40-50 tahun.

Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ini, misalnya konsumsi alkohol, obesitas dan konsumsi makanan yang tinggi purin. Biasanya penyakit ini lebih suka menyerang sendi-sendi pada pangkal ibu jari, pergelangan kaki, siku, pergelangan tangan dan jari tangan.

Proses terjadinya penyakit ini dibagi menjadi 2 kategori yaitu Kategori Prmer dan Kategori Sekunder. Yang termasuk dalam kategori Primer adalah :

  1. Produksi asam urat yang meningkat namun pengeluarannya normal atau meningkat
  2. Produksi asam urat normal namun pengeluarannya menurun
  3. Kekurangan partial terkait – X hipoxantin – guanin fosforibosiltransferase ( HGPRT )
  4. Kurangnya eliminasi asam urat di ginjal
  5. Gangguan enzim PPRP syntetase

Sedangkan kategori yang termasuk dalam kategori sekunder adalah :
       1. Peningkatan turn over asam nukleat ( karena hemodialisa
           Kronik / cuci darah tahunan, polisitemia, leukemia, limfoma )
       2. Akibat obat-obatan ( diuretik, aspirin, asam nikotinat, ethanol )
       3. Penyakit ginjal kronik sehingga mengakibatkan hiperurikemia simptomatik atau kelebihan asam urat dalam                darah
       4. Hiperuriksemia yang dapat meningkatkan kerusakan asam nukleat

Pengobatan penyakit ini dapat dilakukan secara Medis maupun Non Medis. Secara medis dilakukan dengan penggunaan obat-obatan OAINS (Obat anti inflamasi / radang non steroid) atau steroid. Contoh OAINS misalnya, indometasin, ibuprofen, piroksikam, dll. Sedangkan secara Non Medis, Salah satunya yang dikenal dengan istilah RICE, yaitu :
        1. Rest atau istirahat
        2. Ice : kompres bagian sendi yang bengkak dengan es
        3. Compress : tekan bagian sendi yang bengkak
        4. Elevation : mengangkat bagian sendi yang bengkak sehingga posisinya lebih tinggi dari anggota tubuh lain

Karena itu, mengatur dan menjaga makanan yang kita konsumsi menjadi salah satu cara untuk dapat menghindari asam urat. Dan yang terpenting adalah membiasakan diri untuk menjalani pola hidup sehat dari sekarang.

Sumber : dr. Dyah Mustikaningsih


29/Jan/2022

Penyakit Stroke merupakan penyakit Neurologis akut yang disebabkan oleh GPDO  (Gangguan Pembuluh Darah Otak) yang terjadi secara mendadak. Oleh karena itu apabila kita mengetahui adanya gejala Stroke, segeralah memeriksakan diri ke Rumah Sakit! Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013 oleh Kementrian Kesehatan RI, 7% atau sebesar 1.236.825 orang menderita stroke. Selain itu, penderita ditemukan paling banyak pada kelompok umur 55-64 tahun. Laki-laki juga lebih banyak mengidap stroke di Indonesia dibandingkan perempuan. Menurut Sample Registration System (SRS) Indonesia 2014, Stroke merupakan penyakit yang paling banyak diderita, yaitu sebesar 21,1%. Seringkali masyarakat awam lebih mengenal Stroke hanya ringan dan berat, padahal Stroke tidak ada istilah itu. Stroke terbagi menjadi Stroke perdarahan dan Stroke sumbatan.

Salah satu cara mendeteksi gejala stroke secara dini adalah dengan menggunakan metode FAST,

  • F = Face Drooping (Wajah tampak jatuh) Ketika menemukan sebelah sisi wajah yang tampak tidak normal, tidak simetris atau dikeluhkan terasa baal sesisi wajah, maka waspadalah akan kecurigaan penyakit Stroke !
  • A = Arm Weakness (kelemahan lengan) sesisi. Hal ini terjadi bila sebelah tangan tampak tertinggal atau tidak mampu mencapai level yang sama dengan tangan yang satunya, hal ini kemungkinan telah terjadi Stroke.
  • S = Speech difficulty (sulit berbicara). Gangguan bicara berupa tidak mampu berbicara dengan lancar dan terbata-bata, atau bahkan menjadi pelo.
  • T =  Time (Waktu secepatnya dating ke fasilitas layanan Kesehatan terdekat). Dengan segera menghubungi Rumah Sakit atau klinik terdekat.

Stroke mempunyai tingkat Morbiditas (Kecacatan) dan Mortilitas (Kematian) yang sangat tinggi.

Segeralah periksakan diri anda untuk mengetahui Faktor Resiko Stroke !

Jangan tunda waktu anda !

Sumber : dr. Angelina Juwita W, SpN


29/Jan/2022

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia karena sifatnya untuk pengembangan fungsi tubuh. Vitamin C memiliki peranan yang sangat penting di dalam tubuh manusia, diantaranya untuk menangkal serangan penyakit seperti  flu dan lain-lain. Vitamin C banyak terkandung di dalam berbagai macam jenis buah dan sumplemen yang bisa Anda konsumsi sehari-hari.

Berikut ini beberap fakta yang menarik tentag Vitamin C :

       1. Merupakan sumber antioksidan

Kandungan antioksidan di dalam Vitamin C sendiri membantu untuk memperkuat imun tubuh dan menurunkan resiko  terserang penyakit lainnya.

       2. Membantu melawan tekanan darah tinggi

Studi telah menunjukan bahwa konsumsi suplemen vitamin C dapat menurunkan kadar tekanan darah sistolik sebanyak 4.85 mmHg dan diabolik sebanyak 1.67 mmHg.

       3. Dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam vitamin C dapat menurunkan risiko penyakit jantung karena dapat memperbaiki proses oksidatif. 

      4. Overdosis vitamin C dapat menyebabkan penyakit ginjal dan gangguan kulit

Konsumsi vitamin C yang berlebihan dapat menganggu sistem pencernaan. Karena vitamin C yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan dikeluarkan melalui air seni, masalah pencernaan seperti diare, muntah-muntah dapat terjadi.

Vitamin C memang memiliki peranan yang sangat penting dalam tubuh tetapi kita juga harus bijak untuk konsumsi dan jika berlebihan tentu saja akan ada akibat yang terjadi. 

Di tengah pandemi ini, semoga sahabat Dayamedika tetap solid dan semangat untuk tetap menjalankan prokes yang benar untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. 

#SalamSehat


29/Jan/2022

Keluarga adalah harga yang paling berharga. Ya, sebuah kalimat yang tentu saja sangat luas artian-nya, kita semua mungkin setuju dengan kalimat ini, iya kan? Di tengah  pandemi ini banyak masalah yang terjadi dalam keluarga, entah itu masalah kesehatan, finansial dan lain-lain. Kita membutuhkan dorongan lebih untuk tetap bertahan di tengah pandemi ini.

Keluarga yang sehat adalah impian semua orang, setuju ya? Setiap anggota keluarga memiliki tanggung untuk menjaga satu sama lain. Bagaimana cara menjaga keluarga agar tetap sehat dan aman di tengah pandemi ini? Berikut ini beberapa cara untuk dilakukan : 

  1. Makan makanan yang bergizi seimbang
  2. Rajin olahraga dan istirahat yang cukup
  3. Cuci tangan pakai sabun dan selalu siapkan hand sanitizer kalau sedang bepergian keluar
  4. Selalu gunakan masker
  5. Konsumsi vitamin 

Di Hari Keluarga Nasional ini mari kita jadikan sebagai momentum untuk tetap bergerak maju di tengah pandemi ini, semoga kita semua tetap sehat-sehat selalu. Amin

Salam sehat…!! 🙂


29/Jan/2022

Apa Itu Vaksinasi Gotong Royong?

Klinik dr. Sander B

Vaksinasi gotong royong adalah program yang pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sebelumnya, vaksinasi gotong royong diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 tahun 2021, tentang pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19.

Pemerintah menjamin vaksinasi Covid-19 diberikan secara gratis kepada seluruh rakyat Indonesia. Di samping itu, atas usulan dari dunia usaha melalui Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) yang ingin membantu program pemerintah, mulai 18 Mei 2021 lalu diselenggarakan program vaksinasi Gotong Royong.

Pada dasarnya program vaksinasi dan Gotong Royong berprinsip sama, yaitu bertujuan untuk tidak membebankan biaya pada target sasaran. Hanya saja sumber pembiayaan pengadaan vaksin ini berbeda, vaksin Gotong Royong bersumber dari pendanaan mandiri perusahaan yang ingin melakukan vaksinasi gratis kepada karyawannya.

Diharapkan dengan adanya program vaksinasi ini, bisa menekan penyebaran Virus Covid-19. Disamping itu kita juga harus tetap menjalankan prokes dengan benar agar vaksinasi ini bisa menghasilkan hasil yang maksimal.

 

Referensi : covid19.go.id


29/Jan/2022

Hand holding a blood glucose meter measuring blood sugar, the background is a stethoscope and chart file

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia.

Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

Kadar gula dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang lambung. Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Jenis-Jenis Diabetes

Secara umum, diabetes dibedakan menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Hal ini mengakibatkan peningkatan kadar glukosa darah, sehingga terjadi kerusakan pada organ-organ tubuh. Diabetes tipe 1 dikenal juga dengan diabetes autoimun. Pemicu timbulnya keadaan autoimun ini masih belum diketahui dengan pasti. Dugaan paling kuat adalah disebabkan oleh faktor genetik dari penderita yang dipengaruhi juga oleh faktor lingkungan.

Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang lebih sering terjadi. Diabetes jenis ini disebabkan oleh sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapat dipergunakan dengan baik (resistensi sel tubuh terhadap insulin). Sekitar 90-95% persen penderita diabetes di dunia menderita diabetes tipe ini.

Selain kedua jenis diabetes tersebut, terdapat jenis diabetes khusus pada ibu hamil yang dinamakan diabetes gestasional. Diabetes pada kehamilan disebabkan oleh perubahan hormon, dan gula darah akan kembali normal setelah ibu hamil menjalani persalinan.

Gejala Diabetes

Diabetes tipe 1 dapat berkembang dengan cepat dalam beberapa minggu, bahkan beberapa hari saja. Sedangkan pada diabetes tipe 2, banyak penderitanya yang tidak menyadari bahwa mereka telah menderita diabetes selama bertahun-tahun, karena gejalanya cenderung tidak spesifik. Beberapa ciri-ciri diabetes tipe 1 dan tipe 2 meliputi:

  • Sering merasa haus.
  • Sering buang air kecil, terutama di malam hari.
  • Sering merasa sangat lapar.
  • Turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas.
  • Berkurangnya massa otot.
  • Terdapat keton dalam urine. Keton adalah produk sisa dari pemecahan otot dan lemak akibat tubuh tidak dapat menggunakan gula sebagai sumber energi.
  • Lemas.
  • Pandangan kabur.
  • Luka yang sulit sembuh.
  • Sering mengalami infeksi, misalnya pada gusi, kulit, vagina, atau saluran kemih.

Beberapa gejala lain juga bisa menjadi ciri-ciri bahwa seseorang mengalami diabetes, antara lain:

  • Mulut kering.
  • Rasa terbakar, kaku, dan nyeri pada kaki.
  • Gatal-gatal.
  • Disfungsi ereksi atau impotensi.
  • Mudah tersinggung.
  • Mengalami hipoglikemia reaktif, yaitu hipoglikemia yang terjadi beberapa jam setelah makan akibat produksi insulin yang berlebihan.
  • Munculnya bercak-bercak hitam di sekitar leher, ketiak, dan selangkangan, (akantosis nigrikans) sebagai tanda terjadinya resistensi insulin.

Beberapa orang dapat mengalami kondisi prediabetes, yaitu kondisi ketika glukosa dalam darah di atas normal, namun tidak cukup tinggi untuk didiagnosis sebagai diabetes. Seseorang yang menderita prediabetes dapat menderita diabetes tipe 2 jika tidak ditangani dengan baik.

Pencegahan Diabetes

Diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah karena pemicunya belum diketahui. Sedangkan, diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional dapat dicegah, yaitu dengan pola hidup sehat. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah diabetes, di antaranya adalah:

  • Mengatur frekuensi dan menu makanan menjadi lebih sehat
  • Menjaga berat badan ideal
  • Rutin berolahraga
  • Rutin menjalani pengecekan gula darah, setidaknya sekali dalam setahunsumber : alodokter.com

29/Jan/2022

Jogging sore-sore

 

Haiii, sobat Medika, bagaimana kabar kalian? semoga tetap sehat-sehat selalu ya, Amin.

Menikmati udara segar, membuat tubuh lebih bugar, apalagi yang bisa diperoleh dari olahraga? Aktivitas fisik ini memang riskan sekali untuk ditinggalkan. Tubuh perlu bergerak untuk memaksimalkan fungsinya dan olahraga adalah cara mudah yang bisa dilakukan. Baik untuk anak kecil, orang dewasa sampai lansia pun masih memerlukan olahraga untuk menunjang kesehatan.

Apa sih manfaat olahraga ini sendiri bagi tubuh? Dapatkan informasi lengkapnya sebagai berikut.

a. Menjauhkan dari beragam penyakit
Manfaat pertama dari olahraga adalah meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Ketika olahraga, tubuh akan lebih bebas bergerak dan ini akan memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hasilnya tubuh lebih sehat dan kuat serta tak mudah terserang penyakit.

b. Membuat tubuh lebih tegap
Gerakan yang dilakukan saat olahraga merangsang semua bagian tubuh agar lebih fleksibel. Otot tubuh juga menjadi lebih elastis dan tidak kaku. Bagi anak-anak olahraga amat penting untuk menunjang postur tubuhnya. Seorang anak yang rutin berolahraga sejak kecil akan memiliki postur tubuh yang tegap dan tidak membungkuk saat berjalan.

c. Merangsang pertumbuhan ideal
Saat tubuh digunakan untuk beraktivitas, kalori yang ada di dalamnya akan terbakar lebih sempurna. Kalori ini akan diproses menjadi energi secara keseluruhan tanpa ada yang tersisa dan berpotensi menimbulkan tumpukan lemak tubuh. Tubuh mendapatkan suplai nutrisi yang cukup untuk melancarkan proses pertumbuhan dan perkembangan secara ideal.

d. Meningkatkan daya pikir
Selain bermanfaat bagi fisik tubuh, jika olahraga teratur juga memiliki peran yang baik untuk meningkatkan daya pikir anak. Buah dari aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin membuat otak lebih tercukupi asupan gizinya. Otak berkembang secara berkala dan membuat si kecil lebih pintar saat proses belajar tiba.

e. Meningkatkan nafsu makan
Kebaikan ini mungkin yang amat dibutuhkan oleh si kecil. Gerakan yang dilakukan saat berolahraga merangsang organ pencernaan juga aktif bergerak. Organ pencernaan akan bekerja lebih optimal untuk menyesuaikan kebutuhan energi bagi tubuh. Makanan yang masuk ke dalam perut akan terproses secara keseluruhan dan membuat si kecil akhirnya mengalami lapar. Dia pun akan makan lebih lahap beragam hidangan sehat yang sudah Anda sajikan. 

Demikian postingan hari ini ya,, semoga bermanfaat untuk kita semua..

Jangan lupa tetap jaga kesehatan, jaga pola tidur, jaga pola makan Anda, kita sama-sama berusaha dan berdoa semoga pandemi ini cepat selesai. Amin


Tentang Klinik dr. Sander B

Klinik dr. Sander B telah memiliki akreditasi ISO 9001 & ISO 45001 dari United Registrar Of Systems (URS).

 

Rekan Kami

Copyright © PT. DAYA ADICIPTA MEDIKA 2019. All rights reserved.

× Whatsapp kami sekarang!