Apa Itu Influenza?

12 Februari 2020 by admindaya
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Hayy sahabat Medika,,,, lagi musim hujan nih dan sepertinya merata di seluruh pelosok negeri tercinta ini, ada juga yang sudah terkena bencana banjir, longsor, dan bahkan sudah ada korban meninggal dunia. Semoga setiap keluarga yang terkena dampak bencana akibat cuaca yang ekstrim diberikan Tuhan kekuatan dan kesabaran dalam menghadapinya, Amin. Mari kawan-kawan berdoa buat setiap mereka.

Curah hujan yang meningkat akan mengakibatkan beberapa penyakit yang akan menyerang kita setiap saat, dan pada postingan harii ini kita akan membahas tentang Influenza. Apa sih influenza itu? Simak artikel dibawah ini ya.

Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penderita flu akan mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, serta batuk.

Banyak orang mengira flu sama dengan batuk pilek biasa (common cold). Walaupun gejalanya mirip, kedua kondisi ini disebabkan oleh jenis virus yang berbeda. Gejala flu lebih parah dan menyerang secara mendadak, sedangkan gejala batuk pilek biasa cenderung ringan dan muncul secara bertahap.

Flu merupakan penyakit yang mudah menular ke orang lain, terutama pada 3-4 hari pertama setelah penderita terinfeksi. Bahkan pada beberapa kasus, penderita flu dapat menularkan penyakitnya sebelum gejala muncul.

Penyebab Flu

Seseorang dapat tertular flu jika tidak sengaja menghirup percikan air liur di udara, yang dikeluarkan penderita ketika bersin atau batuk. Selain itu, menyentuh mulut atau hidung setelah memegang benda yang terkena percikan air liur penderita, juga bisa menjadi sarana penularan virus flu.

Gejala Flu

Gejala flu antara lain demam, pilek, hidung tersumbat, dan sakit kepala. Meskipun sama dengan gejala batuk pilek biasa, gejala flu terasa lebih parah dan sering kali menyerang tiba-tiba.

Segeralah berobat ke dokter jika gejala di atas tidak kunjung membaik setelah dua minggu, atau membaik namun kemudian memburuk. Tindakan darurat perlu dilakukan bila gejala flu disertai sesak napas atau penurunan kesadaran.

Pengobatan dan Pencegahan Flu

Flu ringan dapat diatasi dengan banyak beristirahat dan minum banyak cairan. Namun bila gejalanya berat, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter agar dapat diberikan obat untuk mempercepat kesembuhan dan mencegah komplikasi.

Cara mencegah flu yang paling efektif adalah menjalani vaksinasi influenza. Selain itu, Anda juga diajurkan untuk rajin cuci tangan serta menghindari berdekatan dengan penderita flu.

Di klinik dr. Sander B lagi ada promo vaksin inluenza loh, kuyy sahabat-sahabat medika ke Klinik dr.Sander B.

Tetap jaga kesehatan ya…

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Tentang Klinik dr. Sander B

Klinik dr. Sander B telah memiliki akreditasi ISO 9001 & OHSAS 18001 dari United Registrar Of Systems (URS).

Site Statistics

  • Users online: 0 
  • Visitors today : 19
  • Page views today : 26
  • Total visitors : 22,568
  • Total page view: 37,791

Copyright © PT. DAYA ADICIPTA MEDIKA 2019. All rights reserved.

× Whatsapp kami sekarang!